Rabu, 21 Desember 2011

Membina mental bertanding seorang Atlet


   Mental bertanding sudah selayaknya diperhatikan bagi para atlet dewasa ini. Di sini peran orangtua dan orang terdekat sebagai relasi terdekat, ikut mempengaruhi mental para atlet dalam bertanding. Sangat dianjurkan untuk para orangtua untuk dapat memuji para anaknya bukan hanya dalam hasil akhir pencapaian prestasi saja, tetapi semangat berlatih dan partisipasi anak dalam kejuaraan juga harus dihargai lah.
   Sebaiknya dilakukan juga tes psikologi pada para anak/atlet. Apakah si anak/atlet itu mengikuti kejuaraan tersebut karena ada paksaan atau murni memang merupakan keinginan dari si anak/atlet tersebut. Tes ini sangat penting, jadi jangan sampai si anak/atlet ini merasa terpaksa yang dapat menekan kondisi kejiwaannya dan akan berakibat melemahnya mental si atlet tersebut.
   Sekali lagi peran orangtua dan orang-orang terdekat si anak/atlet sangat penting untuk mendorong si anak/atlet untuk sedikit demi sedikit mencintai olahraga tersebut (Taekwondo)…Jika si anak/atlet sudah dapat mencintai Taekwondo maka prestasi dan mental akan terbangun dengan sendirinya…

Salam taekwondo-in

Tidak ada komentar: